Joko Maryanto

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
PENGEMBANGAN MEDIA EVALUASI MENGGUNAKAN WONDERSHARE QUIZ CREATOR MAPEL BIOLOGI DI SMA NEGERI 1 BOYOLALI

PENGEMBANGAN MEDIA EVALUASI MENGGUNAKAN WONDERSHARE QUIZ CREATOR MAPEL BIOLOGI DI SMA NEGERI 1 BOYOLALI

PENGEMBANGAN MEDIA EVALUASI MENGGUNAKAN WONDERSHARE QUIZ CREATOR MAPEL BIOLOGI DI SMA NEGERI 1 BOYOLALI

Oleh:

JOKO MARYANTO, S. Pd, M.Pd

NIP. 19800430 200701 1 006 / NUPTK.3762758659200002

Guru SMAN 1 BOYOLALI & Alumni Bimtek Penulis Buku P4TK IPA 2017

I. Pendahuluan

Bunyi Undang-Undang nomor 20 Tahun 2003 menjelaskan tentang kurikulum adalah seperangkat rencana dan sebuah pengaturan terkait dengan tujuan, isi, bahan ajar dan cara yang digunakan sebagai pedoman dalam kegiatan pembelajaran untuk mencapai sebuah tujuan pendidikan nasional. Kurikulum bergerak secara dinamis menyesuaikan jaman. Kurikulum idealnya selalu relevan dalam menjawab kebutuhan manusia yang terus berkembang. Agar kurikulum dapat diterapkan dengan baik perlu didukung dengan 8 (delapan) Standar Nasional Pendidikan yang meliputi; standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana prasarana, standar penilaian, standar pengelolaan dan standar biaya.

Pelaksanaan 8 (delapan) Standar Nasional Pendidikan perlu didukung dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Salah satu contoh bentuk evaluasi yang sudah mengkaitkan dengan kemajuan TIK, yaitu adanya program pemerintah untuk menerapkan sistem ujian nasional yang berbasis komputer secara bertahap dengan nama Ujian Nasional Berbasis Komputer(UNBK).

Ujian Nasional Berbasis Komputer(UNBK) sudah mulai dilaksanakan di SMA Negeri 1 Boyolali sejak 2015.Untuk mendukung agar siswa familier dengan UNBK nantinya, maka guru perlu mengembangkan ulangan/ test formatif dengan soal-soal yang dirancang melalui komputer. Namun kenyataan di sekolah pada umumnya, masih banyak ujian atau ulangan/ test yang dilaksanakan secara tertulis mulai dari Penilaian Harian (PH), Penilaian Tengah Semester (PTS), Penilaian Akhir Semester (PAS), masih menggunakan paper/ kertas. Soal ulangan dan lembar jawab tersebut ditulis pada lembaran kertas oleh siswa. Setelah selesai ulangan, lembar soal dan jawaban sudah tidak terpakai dan kadang menjadi tumpukan di sudut ruangan.Untuk mendukung program pemerintah UNBK ini perlu ditindaklanjuti dengan adanya media evaluasi/ penilaian yang bisa digunakan oleh siswa dan guru yang lebih praktis dan bersifat komputerisasi. Dengan dasar tersebut perlu dibuat media penilaian sebagai media untuk test siswa yang bisa dibuat di komputer kemudian diunggah oleh masing-masing guru di blog masing-masing, sehingga siswa dapat mengerjakan ulangan tersebut di laptop/ komputer. Jika ternyata hasil siswa masih dibawah KKM, siswa langsung bisa mengulang mengerjakan soal sampai nilai siswa minimal KKM. Istilahnya siswa langsung bisa remidi setelah mengetahui hasilnya masih belum tuntas.

Dari hal ini, penulis mencoba untuk membantu menyelesaikan permasalahan tersebut. Dengan Wondershare Quiz Creator maka guru akan terbantu dalam pengoreksian sampai dengan hasil nilai. Sebab hasil ulangan siswa langsung diolah oleh komputer dan hasil jawaban siswa akan terkirim ke surat elektronik guru yang bersangkutan.

Kemudian untuk mendukung program pemerintah dalam penggunaan TIK pada standar penilaian dan mengurangi penggunaan kertas (paperless) dan meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada aspek pengetahuan maka perlu dibuat sebuah aplikasi untuk melaksanakan ujian dan penilaian test dengan menggunakan Wondershare Quiz Creator disingkat WQC. Dengan Aplikasi ini dapat digunakan sebagai latihan siswa mengerjakan soal-soal dan sebagai media penilaian yang lebih praktis dan tidak boros kertas. Hal ini sangat bagus untuk dilakukan karena mengembangkan media penilaian yang praktis, hemat kertas bisa digunakan sebagai latihan dalam menghadapi UNBK nantinya.

II. Pembahasan

Dari latar belakang diatas dapat diidentifikasi beberapa permasalahan : 1) Model ulangan dengan menggunakan kertas yang cenderung monoton bagi siswa dan juga boros kertas. 2) UNBK sejak tahun 2015 dengan soal berbasis CBT, sehingga siswa perlu adaptasi sejak awal.

Keterangan : Foto Siswa saat mengerjakan uangan/ test dengan menggunakan kertas

Berdasarkan identifikasi masalah maka penulis membatasi masalah dengan: 1) Pengembangan media evaluasi sebatas menggunakan aplikasi Wondershare Quiz Creator (WQC), 2) Evaluasi yang dilakukan hanya aspek kognitif siswa saja. Salah satu tujuan yaitu mengetahui WQC sebagai media evaluasi dapat mengurangi penggunaan kertas untuk ulangan/ test. Manfaatnya bagi siswa, mendapat pengalaman berbeda dalam ulangan baik Penilaian Harian (PH), Penilaian Tengah Semester (PTS), Penilaian Akhir Semester (PAS), menggunakan aplikasi WQC sehingga mereka adaptasi saat mengerjakan UNBK kelak. Bagi guru, dapat meningkatkan kompetensi paedagogik khususnya dalam pengembangan media evaluasi/ penilaian dan mampu mengunggah ke blog, sehingga blog bapak/ ibu guru aktif untuk memberikan layanan pendidikan yang berkualitas kepada siswa. Bagi sekolah, memiliki guru-guru yang memiliki kompetensi, motivasi, dedikasi, loyalitas dan komitmen layanan pendidikan yang berkualitas kepada siswa khususnya media evaluasi WQC.

1. Media Evaluasi dengan Wondershare Quiz Creator

Wondershare Quiz Creator merupakan perangkat lunak untuk pembuatan soal, kuis atau tes secara online (berbasis web).Penggunaan Wondershare Quiz Creator dalam pembuatan soal tersebut sangat familiar/user friendly, sehingga sangat mudah digunakan dan tidak memerlukan kemampuan bahasa pemrograman yang sulit untuk mengoperasikannya.

Hasil soal, kuis dan tes dibuat/disusun dengan perangkat lunak ini dapat disimpan dalam format Flash yang dapat berdiri sendiri (stand alone) di website. Dengan Wondershare Quiz Creator, pengguna dapat membuat dan menyusun berbagai bentuk dan level soal yang berbeda, yaitu bentuk soal benar/salah (true/false), pilihan ganda (multiple choices), pengisian kata (fill in the blank), penjodohan (matching), Kuis dengan area gambar dan lain-lain. Bahkan dengan Wondershare Quiz Creator dapat pula disisipkan berbagai gambar (images) maupun file Flash (Flash movie) untuk menunjang pemahaman peserta didik dalam pengerjaaan soal.

Beberapa fasilitas yang tersedia dalam Wondershare Quiz Creator, selain dari sisi kemudahan penggunaan (user friendly) soal-soal yang dihasilkan, diantaranya yaitu (1). Fasilitas umpan balik (feed-back) berdasar atas respon/jawaban dari peserta tes, (2). Fasilitas yang menampilkan hasil tes/score dan langkah-langkah yang akan diikuti peserta tes berdasar respon/ jawaban yang dimasukkan, (3). Fasilitas mengubah teks dan bahasa pada tombol dan label sesuai dengan keinginan pembuat soal, (4). Fasilitas memasukkan suara dan warna pada soal sesuai dengan keinginan pembuat soal, dan (5).Fasilitas hyperlink; yaitu mengirim hasil/score tes ke email atau LMS. (6) Fasilitas pembuatan soal random, (7) Fasilitas keamanan dengan User account/password, (8) Fasilitas pengaturan tampilan yang dapat di modifikasi,dll.

2. Kegunaan Wondershare Quiz Creator

Wonder Share Quiz Creatormerupakan salah satu opsi alternatif dalam membuat perangkat tes yang interaktif. Wondershare Quiz Creator adalah software yang dapat membantu dan mempermudah dalam membuat kuis atau soal dalam bentuk essai, multiple, choice, dan lain-lain dengan mudah dan cepat. Nantina hasil dari kuis atau soal yang anda buat dan anda simpan dengan format doc dan flash (swf) yang bisa di share, diunggah di blog ataupun di web yang kita miliki.

3. Kelebihan dan Kekurangan Wondershare Quiz Creator

a. Kelebihan

1) Mudah dipelajari, merancang soal lebih cepat, dalam artian kita tidak diharuskan menguasai action script seperti di software Macromedia atau Visual Basic

2) Programnya mudah dijalanakan

3) Hasilnya memuaskan

4) Mengatur pembatasan durasi quiz

5) Mengacak soal dan jawaban (untuk mencegah kecurangan)

6) Mengaktifkan fungsi “pembacaan soal” oleh komputer

7) Melindungi koleksi quiz, yaitu dengan mencatat user/ password yang diijinkan membuka quiz, menentukan domain tertentu untuk membuka quiz

8) Didukung 9 variasi pertanyaan : true/ false, multiple choice, multiple respon, fill in the blank, matching, sequence, word bank, click map, dan short essay.

b. Kekurangan

Software ini di beberapa komputer tidak mampu menampilkan preview 9karena tida kompatible), mungkin karena program ini bekerja dengan bantuan program lain seperti menginduk pada flash player.

4. Kerangka Berfikir

Kerangka berpikir pembahasan ini dapat digambarkan secara sederhana dengan menggunakan gambar berikut ini;

PERMASALAHAN DI SEKOLAH

1) Model ulangan dengan menggunakan kertas yang cenderung monoton bagi siswa dan boros kertas

2) UNBK sejak tahun 2015 dengan soal berbasis CBT, sehingga siswa perlu adaptasi sejak awal

SOLUSI & INOVASI DALAM PEMBELAJARAN

Pengembangan WQC sebagai media evaluasi dalam pembelajaran

MANFAAT

1. Siswa mendapat pengalaman mengerjakan test dengan aplikasi WQC

2. Guru dapat mengoreksi hasil jawaban ulangan siswa dengan efisien dan efektif

3. Optimalnya penggunaan Sarana laboratorium komputer di sekolah

5. Pelaksanaan Test menggunakan WQC

Siswa masuk ke blog guru, kemudian klik link soal

Setelah soal muncul, siswa bisa mengerjakan di computer siswa/ laboratorium. Hasil nilai ulangan/ test langsung terkirim ke surel guru mapel.

III. Kesimpulan

Dengan menggunakan Wondershare Quiz Creator, sangat membantu Bapak/ Ibu guru dalam pengoreksian hasil ulangan, sebab koreksi dilakukan oleh computer, hasil pekerjaan siswa langsung terkirim ke surel guru yang bersangkutan. Tidak menggunakan kertas baik untuk soal maupun lembar jawab siswa, sehingga mendukung program paperless.

DAFTAR PUSTAKA

http://santoson111.blogspot.co.id/2015/09/makalah-evaluasi-sistem-pembelajaran.htmldiakses tanggal 1 Februari 2018

https://www.kompasiana.com/laluwahyuharitsaswili/uniknya-sistem-evaluasi-pembelajaran-guru-s_5535a4ec6ea8347a13da42df diakses tanggal 1 Februari 2018

http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/kuswari-hernawati-ssi-mkom/modul

wondershare.pdf diakses tanggal 6 Februari 2018

http://missnimas.blogspot.co.id/2013/06/wondershare-quiz-creator.html diakses tanggal

7 Februari 2018

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali